Sabtu, 22 Mei 2010

Tugas : Analisa Strategi Perusahaan Unilever

Nama : Elsima Sihombing
NPM : 21206171
Kelas : 4EB10
Mata Kuliah : Manajemen Strategik
Tugas : Analisa Strategi Perusahaan Unilever
Dosen : M.Farid.M, SE.,MM

Isu Strategi
Apa penyesuaian, baik secara internal maupun eksternal, harus Unilever untuk membangun kembali membuat strategi kompetitif yang kuat dan fokus?
Menurut pendapat saya usaha penyesuaian yang akan dilakukan oleh Unilever baik internal dan eksternal untuk membangun kembali perusahaan dengan membuat strategi kompetitif yang kuat dan fokus akan berhasil dengan baik, hal ini dapat kita lihat pada laporan analisis keuangan adanya pertumbuhan yang konsisten Tahun (2000-2003), peningkatan kualitas secara keseluruhan (sehat dan kompetitif), profil pertumbuhan portofolio merek kuat, peningkatan efisiensi modal dan diakui sebagai perusahaan global. Adapun usaha yang akan dilakukan merupakan upaya dalam mengefisienkan perusahaan dalam mengurangi portofolio dengan 400 inti merek sehingga akan lebih fokus pada merek terkemuka, demikian juga dengan iklan dan usaha pemasaran yang yang efektif, preferensi konsumen terhadap produk unilever merupakan nilai tambah yang harus terus dipertahankan perusahaan sehingga Fokus R & D beriklan di merek terkemuka.

Adapun hal yang diperhatikan perusahaan Unilever adalah dual kepemimpinan yang harus memiliki visi dan misi yang sama dalam mengembangkan dan mencapai tujuan perusahaan(apabila dimungkinkan akan lebih baik satu kepemimpinan sehingga perlu adanya penyatuan/intregrasi), Pengurangan karyawan yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan biaya yang inefisien, tetap mawas terhadap kompetitor-kompetitor follower dalam hal diferensiasi produk dan harga, pencapaian pengakuan perusahaan global merupakan suatu keberhasilan perusahaan dalam memenuhi standar nasional dan internasional, sehingga memungkinkan keberhasilan Unilever dalam melaksanakan penyesuaian dan strategi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar