Kamis, 18 Maret 2010

Menabung itu penting

Menabung bagi sebagian orang yang memiliki dana lebih mungkin suatu hal yang biasa dilakukan, lalu bagaimana bagi sebagian orang yang memiliki dana yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hidup saja? atau bagi orang yang serba kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup?

Menabung tiap bulan?
Waduh lagi banyak pengeluaran nih...
Ntar Aja dech utamakn kebutuhan anak dulu...
Anu…... kemaren baru aja ambil kredit mobil...
Susah, harga barang lagi naik semua...
Dll dst dsb dan sejuta alasan lainnya

Capeee dehhh, kapan mulai nabungnya?

Menabung itu sebenarnya sangat mudah, bila anda tahu caranya. Berikut tips mudah menabung:

- Sisihkan dana untuk ditabung terlebih dahulu sebelum Anda membayar kebutuhan hidup lainnya.

- Jadikan tabungan sebagai pos pengeluaran. Masukkan pos tabungan ke dalam pos pengeluaran rutin tiap bulan sama seperti tagihan telepon, transportasi, dan makan.

- Miliki rekening khusus tabungan. Rekening terpisah memungkinkan dana yang terkumpul tidak terpakai untuk pengeluaran lain

- Manfaatkan fasilitas auto debet dari rekening gaji Anda ke rekening tabungan. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot datang ke bank atau ATM untuk mentransfer atau pemindahbukuan.

- Simpan uang receh. Berbelanjalah hanya dengan uang kertas. Jika Anda mendapat kembalian uang logam, masukkan uang tersebut ke dalam celengan. Jika sudah penuh masukkan ke dalam rekening Anda di bank.

- Naikkan setoran tabungan tiap kali penghasilan naik. Setiap kali Anda mendapat bonus atau THR, sisihkan terlebih dahulu untuk menambah tabungan Anda. Begitu juga ketika gaji naik, maka naikkan juga jatah setoran tabungan Anda.

Tapi bagaimana pun kondisi financial kita, semua itu tergantung bagaimana kita mengatur (memanagenya), jika kita konsisten dengan belajar hidup investasi masa yang akan datang dan berjaga-jaga dengan kebutuhan pengeluaran yang mendadak maka menabung merupakan cara yang baik untuk menyisihkan uang kita....selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar